0

Konsep Dasar Energi Listrik

Apa yang teman-teman pembaca sekalian pikirkan ketika pertama kali mendengar kata listrik, tentang konsep energi listrik? Ada yang berpendapat sesuatu yang dibutuhkan untuk menghidupkan lampu, televisi, laptop, kipas angin dsb. Atau ada juga yang berpendapat energi yang dapat ditransmisikan, atau apapun. Menurut Wikipedia  listrik adalah sebuah aliran muatan elektron yang dihasilkan oleh sebuah fenomena fisika.

Konsep Dasar Teknik Listrik

Konsep dasar terbentuknya energi listrik

Menurut BelajarListrik.com, Energi Listrik adalah energi yang tercipta, baik yang dihasilkan alam (petir) atau yang dibuat oleh manusia (Generator, Battery) yang dapat dikonversikan menjadi energi lainnya seperti energi panas (setrika, kulkas), cahaya (lampu), energi kinetik (motor, kipas angin, compressor AC) dan beragam energi lainnya yang dapat mempermudah kehidupan manusia.

Perkembangan Energi Listrik

Konsep dasar tentang listrik konon sudah mulai dikembangkan pada zaman yunani, lalu dikembangkan oleh Ilmuan Timur Tengah di abad pertengahan. Namun perkembangan monumental tentang konsep dasar listrik ini sendiri saat Michael Faraday menerbitkan hasil risetnya tentang Magnet dan Kumparan yang kita kenal sampai saat ini sebagai Hukum Faraday.

Konsep Dasar Teknik Listrik

Michael Faraday – Salah satu ilmuan terbesar yang memperkenalkan konsep dasar energi listrik

Michael Faraday

Hukum Faraday berbunyi:

Gaya gerak listrik (ggl) induksi yang timbul antara ujung-ujung suatu loop penghantar berbanding lurus dengan laju perubahan fluks magnetik yang dilingkupi oleh loop penghantar tersebut.

Setelah era Michael Faraday terjadinya revolusi Industri di Inggris, Listrik hanya dapat dinikmati oleh kalangan-kalangan bangsawan saja sampai akhirnya llmuan dari Eropa Timur Nicola Tesla mengembangkan Listrik bolak-balik (Alternating Current) dengan menciptakan Electrical Synchronus  Motor (Generator) yang dikembangkan oleh Westinghouse, sebelum itu sempat terjadi  konflik yang dikenal dengan AC/DC War, antara Tesla yang mengembangkan listrik AC dan Thomas Alfa Edisson yang mengembangkan listrik DC.

Konsep Dasar Teknik Listrik

Perkembangan energi listrik yang dirintis Faraday dan dikembangkan Tesla membuat semakin bertambahnya permintaan akan kebutuhan energi listrik, sehingga dibuatlah beragam macam penggerak Generator yang dikembangkan oleh Tesla dengan bermacam tenaga, Pembangkit Listrik tenaga air, angin, Uap, Diesel, dsb.

Energi Listrik Saat ini

Saat ini hampir semua bidang kehidupan membutuhkan listrik, kebutuhan listrik semakin meningkat dari hari ke hari. Listrik tidak hanya digunakan untuk menghidupkan lampu, televisi ataupun kebutuhan rumah tangga lainnya namun mulai dikembangkan sebagai sumber tenaga untuk alat/mode transportasi, kereta listrik sudah dikembangkan dan sekarang tengah proses ujicoba untuk dikembangkannya mobil listrik, yang tentunya ramah lingkungan dan bebas emisi.

Kebutuhan listrik  saat ini juga membuat inovasi-inovasi untuk menghasilkan energi listrik semakin banyak, perkembangkan solar cell sebagai solusi energi listrik dengan sumber panas matahari yang bebas didapat terus menerus dikembangkan untuk solusi kebutuhan energi listrik masa depan.

Demikianlah tulisan Engineering Portal mengenai konsep dan perkembangan energi listrik, semoga bermanfaat.

#Mariberbagi

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *