2

Jenis Pembangkit Listrik

Jenis pembangkit listrik yang tengah banyak dibangun di Indonesia memiliki jenis yang baragam.  Pada kesempatan kali ini belajarlistrik akan membahas tentang jenis – jenis pembangkit listrik yang banyak digunakan dan dikembangkan khususnya di Indoneisa.

Beberapa Jenis Pembangkit Listrik yang sudah ada memiliki energi sumber yang bermacam – macam mulai dari energi fosil seperti minyak bumi, gas alam sampai dengan energi yang alternatif yang terbarukan.

Pembangkit listrik menurut wikipedia adalah suatu peralatan industri yang berfungsi untuk memproduksi atau membangkitkan energi listrik dengan berbagai macam sumber tenaga.

Jenis – Jenis Pembangkit Listrik . picture source: en.wikipedia.org

Prinsip Kerja Pembangkit Listrik

Pembangkit listrik atau lazimnya disebut power plant adalah suatu sistem yang terdiri dari turbine dan generator yang bekerja untuk memproduksi enegri listrik.

Jika Turbin adalah suatu peralatan industri yang mengubah suatu bentuk energi menjadi energi kinetik / gerak. Maka Generator adalah suatu peraltan industri yang mengubah energi kinetik / gerak menjadi energi listrik.

Secara umum blog diagram prinsip kerja pembangkit listrik seperti gambar dibawah ini.

Jenis – Jenis Pembangkit Listrik

Blok Diagram Prinsip kerja konversi energi pada sistem pembangkit tenaga listrik

Turbin akan mengkonversi apakah itu minyak bumi, gas alam atau uap menjadi energi gerak. Turbin akan dihubungkan ke generator sehingga generator bergerak sesuai dengan kecepatan putar (speed) yang dinginkan.

Generator yang berputar akan menghasilkan energi listrik. Untuk lebih spesifik teman-teman belajarlistrik.com dapat membaca tulisan tentang prinsip kerja generator.

Baca juga:

Sistem Pembangkit Listrik

Cara Menghitung Biaya Pemakaian Listrik Rumah Tangga

Belajar Transformator : Pengertian, Fungsi dan Prinsip Kerja

Jenis Pembangkit listrik diklasifikasikan berdasarkan turbine penggerak (prime mover) yang menggerakkan generator. Misalnya pembangkit listrik yang turbin nya adalah turbin gas maka disebut dengan pembangkit listrik tenaga gas. Jika turbin uap disebut pembangkit listrik Tenaga Uap.

Jenis Pembangkit Listrik

Berdasarkan Klasifikasi tersebut, maka dewasa ini kita dapat mengelompokkan berbagai macam jenis pembangkit listrik menjadi beberapa klasifikasi, diantaranya:

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG)
  2. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)
  3. Pembangkit Listrik Tenaga Minyak (PLTM)
  4. Pembangkit Listrik Tenaga Solar Cell
  5. Pembangkit Listrik Tenaga Air / Hidro (PLTA)
  6. Pembangkit Listrik Tenaga Angin
  7. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)
  8. Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal / Panas Bumi

Mari kita membahas semua jenis pembangkit listrik satu per satu, pembahasan ini tidak spesifik membahas proses terciptanya listrik secara khusus. Pembahasan hanya dibatasi dengan jenis penggerak dan konversi energi.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG)

Salah satu jenis pembangkit listrik yang paling dipakai sekarang ini adalah pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) atau gas turbine generator (GTG). Turbine / prime mover pada Pembangkit listrik tenaga gas terdiri dari turbin, kompresor (compressor) dan ruang bakar (combustion).

 

Jenis Pembangkit Listrik Tenaga Gas

Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Gas. picture source: en.wikipedia.org

Energi gerak yang dihasilkan oleh turbin dihasilkan karena pembakaran yang terjadi diruang pembakaran (combustion). Pembakaran ini antara gas alam dan udara yang telah dikompresi oleh kompresor.

Salah satu keunggulan dari pembangkit listrik tenaga gas adalah sisa hasil pembakaran yang dibuang di pembuangan (exhaust) dapat kita manfaatkan untuk membuat energi steam sebagai pemanas ketel uap (boiler)  yang dapat dimanfaatkan untuk memutar turbin.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)

Pembangkit listrik tenaga uap merupakah salah satu jenis pembangkit listrik yang mempunyai kapasitas pembangkitan / daya listrik yang cukup besar. Rata –  rata daya mampu / kapasitas pembangkitan pada jenis pembangkit listrik tenaga uap umumnya lebih dari 30 MW (Mega Watt).

Jenis – Jenis Pembangkit Listrik - pembangkit listrik tenaga uap

pembangkit listrik tenaga uap . pict source: en.wikipedia.org

Pembangkit listrik tenaga uap terdiri dari unit ketel uap (boiler), turbin dan generator. Boiler ini berfungsi sebagai penghasil steam (uap panas dengan temperatur lebih kurang 1000 derajat fahrenheit dan tekanan sekitar 3600 Psi).

Bahan bakar utama dari pembangkit listrik tenaga uap adalah batubara. Batubara digunakan sebagai bahan bakar utama untuk memanaskan boiler sehingga steam tercipta. Steam yang dihasilkan oleh boiler ini akan dialirkan ke blade trubin sehingga turbin berputar, turbin akan menggerakkan generator.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)

Jenis pembangkit listrik selanjutnya ialah pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) . Untuk pembangkit listrik jenis ini biasanya memiliki daya yang lebih kecil karena memiliki efisiensi yang kurang bagus.

Kita tahu harga bahan bakar minyak dewasa ini sangat mahal dan termasuk energi yang diramalkan akan segera habis sehingga sangat tidak efisien jika digunakan secara kontinyu untuk membangkitkan energi listrik yang berdaya besar.

Jenis pembangkit listrik - Pembangkit Listrik tenaga minyak bumi / solar engine

Pembangkit Listrik tenaga diesel / solar engine – pict source: en.wikipedia.org

Prinsip kerja dari turbin pada pembangkit listrik tenaga minyak ini sama seperti pembangkit listrik tenaga gas. Dimana udara dan minyak dibakar pada ruang bakar dan hasil dari pembakarannya akan menggerakkan turbin dan generator.

Salah satu keunggulan dari pembangkit listrik tenaga minyak bumi adalah kemudahannya dan respon nya dalam menaikkan dan menurunkan daya listrik sehingga cepat mengimbangi sistem interkoneksi jika terjadi gangguan.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Solar Cell

Pembangkit  listrik tenaga solar cell secara konstruksi sangat berbeda dengan jenis pembangkit listrik lainya. Karena pada pembangkit listrik tenaga solar cell tidak terdapat turbin dan generator.

Pada pembangkit listrik tenaga nuklir, nuklir direaksikan untuk menghasilkan energi panas yang dimanfaatkan untuk proses selanjutnya. Ada dua tipe utama pada pembangkit listrik tenaga nuklir. Yang pertama Boiling water reactors, yang kedua pressurized water reactors.

Jenis Pembangkit Listrik - pembangkit listrik tenaga solar cell

pembangkit listrik tenaga solar cell . pict source: en.wikipedia.org

Pada  Boiling water reactors, hasil reaksi nuklir yang berupa energi panas dimanfaatkan sebagai pemanas untuk boiler yang nantinya akan menghasilkan steam. Steam digunakan untuk memutar turbin yang akan menggerakkan generator sehingga listrik tercipta.

Pada tipe pressurized water reactors, hasil reaksi nuklir langsung berupa udara bertekanan yang dapat dialirkan langsung ke turbin yang menggerakkan generator.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Air / Hidro (PLTA)

Pada dasarnya jenis pembangkit listrik tenaga air (PLTA) atau disebut juga hydro power plant merupakan jenis pembangkit listrik dengan sumber energi yang efisien. Sesuai dengan nama energi sumbernya, jenis pembangkit ini mengandalkan tekanan dan aliran air sehingga tidak memerlukan pembakaran seperti pembangkit listrik tenaga gas atau engine dan tidak memerlukan proses awal seperti pembangkit listrik tenaga uap.

Pada pembangkit listrik tenaga hidro, energi listrik dihasilkan dari generator yang langsung digerakkan oleh turbin yang digerakkan oleh aliran air yang di DAM.

Jenis pembangkit listrik - pembangkit listrik tenaga air / hidro

pembangkit listrik tenaga air / hidro. pict source: en.wikipedia.org

Ada beberapa tipe pembangkit listrik tenaga hidro yang banyak digunakan saat ini. Aliran air / arus (flow) air langsung dialirkan ke turbin hidrolik. Namun hal ini mengakibatkan putaran dari turbin menjadi tidak konstan karena akan sangat bergantung dari aliran/arus air pada saat itu.

Untuk mengatasi permasalah tersebut, dibuatlah DAM / storage pond sehingga aliran (flow) yang dialirkan ke turbin dapat dijaga konstan.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Salah satu sumber energi terbarukan yang sekarang mulai dikembangkan untuk menghasilkan energi listrik adalah pembangkit listrik tenaga angin (wind turbine). Sesuai dengan namanya, turbin pada pembangkit listrik ini digerakkan oleh flow atau aliran angin.

Jenis pembangkit listrik - Pembangkit listrik tenaga angin

Pembangkit listrik tenaga angin . pict source: en.wikipedia.org

Sama seperti pembangkit listrik tenaga air, aliran/flow angin yang dihasilkan tergantung kondisi cuaca yang tentunya tidak konstan. Pada pembangkit listrik tenaga angin, ntuk mengatasi permasalahan tersebut dipasanglah variable reluctance generators.

Pembangkit listrik tenaga angin banyak kita temukan di Belanda yang kita kenal dengan negeri kinci angin. Potensi pengembangan pembangkit listrik tenaga angin di indonesia menurut belajarlistrik.com juga sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber energi alternatif.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)

Pada pembangkit listrik tenaga nuklir, nuklir direaksikan untuk menghasilkan energi panas yang dimanfaatkan untuk proses selanjutnya. Ada dua tipe utama pada pembangkit listrik tenaga nuklir. Yang pertama Boiling water reactors, yang kedua pressurized water reactors.

Jenis pembangkit listrik - Pembangkit Listrik tenaga nuklir

Pembangkit Listrik tenaga nuklir – pict source: en.wikipedia.org

Pada  Boiling water reactors, hasil reaksi nuklir yang berupa energi panas dimanfaatkan sebagai pemanas untuk boiler yang nantinya akan menghasilkan steam. Steam digunakan untuk memutar turbin yang akan menggerakkan generator sehingga listrik tercipta.

Pada tipe pressurized water reactors, hasil reaksi nuklir langsung berupa udara bertekanan yang dapat dialirkan langsung ke turbin yang menggerakkan generator.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal / Panas Bumi

Salah satu jenis pembangkit listrik dengan energi yang terbarukan dan ramah lingkungan adalah pembangkit listrik tenaga panas bumi atau geothermal. Pada jenis pembangkit listrik ini, turbin yang digunakan sama seperti turbin pada pembangkit listrik tenaga uap.

Jenis pembangkit listrik - Pembangkit Listrik tenaga panas bumi

Pembangkit Listrik tenaga panas bumi – pict source: en.wikipedia.org

Energi panas bumi akan dimanfaatkan sebagai sumber energi panas yang akan memanaskan ketel uap (boiler) sehingga dihasilkanlah energi steam. Steam akan dialiri ke blade turbin sehingga turbin berputar dan menggerakkan generator.

Potensi sumber energi panas bumi di Indonesia sendiri diyakini sangat berlimpah karena banyak terdapatnya gunung berapi yang ada.

Sehingga diprediksi pembangkit listrik tenaga panas bumi / geothermal akan menjadi salah satu jenis pembangkit listrik yang paling banyak dikembangkan di Indonesia.

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat belajarlistrik.com tentang jenis-jenis pembangkit listrik khusunya yang digunakan di Indonesia. Pada tulisan selanjutnya akan dibahas secara lebih spesifik tentang masing-masing jenis pembangkit listrik.

admin

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *