0

Cara memprogram sensor PIR menggunakan Mikrokontroler

Sensor PIR merupakan sensor yang dapat mendeteksi gerak (motion) manusia ketika melewati jangkauan kerja (range) dari sensor. Sensor PIR juga sering disebut sebagai sensor Passive Infrared, Pyroelectric atau IR motion sensor. Pada artikel kali ini belajarlistrik.com akan membahas bagaimana cara memprogram sensor PIR dengan menggunakan Mikrokontroler.

Berikut ini karakteristik dari sensor PIR

Sensor PIR passive infrared

Sensor PIR passive infrared

  • Ukuran : Segi empat
  • Harga : $10
  • Output : Digital pulse sebesar 3 Volt DC ketika mendeteksi gerakan (motion detected) dan O volt ketika tidak mendeteksi gerakan. Panjang pulsa keluaran (lengths of digital pulse) tergantung dari resistor dan kapasitor yang ada pada rangkaian sensor
  • Jarak jangkauan sensor : 6 meter dengan sudut deteksi 110 derajat x 70 derajat
Jangkauan pembacaan sensor PIR infrared

Jangkauan pembacaan sensor PIR infrared

  • Tegangan sumber (power supply) : 5 – 12 Volt DC

Catatan: Sensor PIR sangat tepat digunakan untuk mendeteksi kedatangan ataupun kepergian suatu objek (manusia atau hewan) namun kurang tepat jika digunakan untuk mendeteksi seberapa dekat atau seberapa jauh jarak objek yang dideteksi.

Untuk melakukan pengetesan terhadap sensor PIR sangat mudah, cukup masukkan tegangan input sebesar 5 Volt DC pada pin input dan ukur tegangan dengan menggunakan Voltmeter pada output, jika tegangan pada output sebesar 3 Volt DC ketika sensor mendeteksi gerakan dan sebesar 0 Volt ketika sensor tidak mendeteksi gerakan (idle) maka sensor berfungsi dengan baik.

Cara pengetesan rangkaian sensor PIR

Cara pengetesan rangkaian sensor PIR

 

Cara memprogram sensor PIR dengan menggunakan Mikrokontroler

Untuk menghubungkan sensor PIR ke mikrokontroler atau jenis controller lain seperti Arduino cukup mudah. seperti yang telah dipaparkan diatas bahwa sensor PIR memiliki keluaran dalam bentuk sinyal digital, sehingga dapat langsung dihubungkan ke pin I/O.

Cara memprogram sensor PIR dengan proteus

Cara memprogram sensor PIR dengan proteus

Kita buat rangkaian seperti diatas, baca juga: belajar mikrokontroler dan arduino dengan software Proteus. Kita hubungkan output keluaran sensor pada portC.0 pada Mikrokontroler sebagai input dan kita hubungkan Led pada portD.0 sebagai output .

Selanjutnya kita gunakan compiler Bascom AVR untuk membuat listring program seperti dibawah ini:

$regfile = “m8535.dat”
$crystal = 8000000
Config Portc = Input
Config Portd = Output

Sensorpir Alias Pinc.0
Led Alias Portd.0

Led = 0

Do

If Sensorpir = 1 Then
Led = 1
Else
Led = 0
End If

Loop

 

Program diatas akan menghidupkan Led jika sensor pir mendeteksi adanya gerakan (motion detected) dari suhu tubuh manusia. Mudah bukan programnya, hehehe

Untuk aplikasi penggunaan sensor PIR sendiri cukup banyak digunakan seperti alarm system yang akan menghidupkan alarm ketika ada gerakan yang mencurigakan, membuat pintu otomatis, dsb

Sekian dulu artikel dari belajarlistrik.com tentang Cara memprogram sensor PIR menggunakan Mikrokontroler.

Semoga bermanfaat

#Mariberbagi

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *