0

Cara membuat lampu taman otomatis dengan timer

Bagaimana cara membuat lampu taman otomatis menyala? Sebuah pertanyaan yang mungkin muncul dibenak teman-teman sekalian, sehingga kita tidak akan lupa untuk mematikan dan menghidupkan lampu. Kita sebagai penghuni rumah sering kali lupa untuk menghidupkan atau mematikan lampu  taman atau lampu luar rumah karena letak maupun posisi lampu tidak terkait langsung dalam aktifitas kita sebagai penghuni rumah.

Dalam tulisan kali ini, belajarlistrik.com akan mengupas dan membuat tutorial bagaimana cara membuat lampu taman otomatis dengan menggunakan timer, sehingga kita tidak perlu lagi untuk menghidupkan dan mematikan lampu taman atau lampu luar rumah dengan manual karena fungsinya telah digantikan oleh timer.

Timer relay sebagai komponen utama lampu otomatis

Timer relay sebagai komponen utama lampu otomatis

Sebagai kontrol utama dari rangkaian yang kita buat digunakan timer relay, sehingga kita tidak perlu untuk memprogram dan menggunakan sensor apapun (nanti diartikel selanjutya belajarlistrik.com akan menjelaskan kontrol menggunakan sensor dan controller seperti Mikrokontroler, Arduino dan PLC).

Timer relay adalah kontak relay dimana koil utama dari relay akan energize dan dienergize sesuai waktu yang diatur. Timer relay sama seperti relay – relay lain pada umumnya yang memiliki auxiliary contact yang dapat digunakan untuk mengontrol sebuah rangkaian.

 

Komponen yang dibutuhkan untuk membuat lampu taman otomatis:

  • Timer Relay (Mandatory)
  • Kabel (Mandatory)
  • Skun kabel (Optional, agar rapi)

Komponen – komponen diatas sangat mudah didapatkan ditoko listrik yang ada dipasaran dan harganya pun sangat terjangkau.

Rangkaian kontrol: Cara membuat lampu taman otomatis

Rangkaian ini sangat sederhana, hidup dan mati nya lampu tergantung dari auxiliary contact (anak kontak) yang diberikan oleh Timer relay. Timer relay ini sendiri kontaknya tergantung dari setting (pengaturan) waktu yang kita atur pada timer.

Rangkaian lampu taman otomatis

Rangkaian lampu taman otomatis

Berikut prinsip kerja rangkaian yang kita buat:

  1. Pertama kita setting timer relay seperti ini, pada setting ini waktu hidup lampu antara 17.45 sampai 05.45 dan waktu mati lampu antara 05.45 sampai 17.45
  2. Pada waktu 05.45-17.45 kontak yang keluar dari timer relay membuat lampu tidak dapat hidup
  3. Pada waktu 17.45-05.45 kontak yang keluar dari timer relay membuat lampu hidup/menyala

Cara setting / atur waktu pada timer relay

Untuk melakukan pengaturan waktu pada timer relay cukup mudah, cukup untuk mendorong kaki-kaki (pin kaki yang bewarna biru seperti pada gambar dibawah) yang mewakili waktu/jam (24 jam). Jika kaki posisi ditekan maka pada posisi waktu tersebut-timer relay akan menghasilkan kontak NC jika kakinya tidak ditekan, pada waktu tersebut timer relay akan mengeluarkan kontak NO.

Wiring timer relay

Wiring timer relay

Penggunakan Timer relay untuk membuat rangkaian kontrol lampu otomatis sangat pas dan cocok diterapkan untuk kondisi lampu taman, karena pada lampu taman atau lampu luar waktu hidup dan matinya lampu sudah pasti waktunya, bukan tergantung instensitas cahaya yang ada sehingga tidak diperlukan.

Ketika waktu setting timer relay sudah sesuai yang kita setting, maka auxiliary contact (anak kontak) timer relay akan berubah dan mengidupkan lampu secara otomatis.

Simulasi rangkaian lampu taman otomatis

Simulasi rangkaian lampu taman otomatis

Semoga bermanfaat

#Mariberbagi

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *