0

Belajar Elektronika dengan Simulasi Menggunakan Livewire

Belajar Elektronika tentunya akan lebih menyenangkan dan mudah jika kita dapat melakukan simulasi, pengukuran dan analisa secara program/software. Setelah pada tulisan / post sebelumnya dibahas tentang Belajar Mikrokontroler dengan software Proteus, pada tulisan / post kali ini, belajarlistrik.com akan membahas tentang salah satu software yang powerfull dengan banyak fungsi seperti menggambar, mensimulasikan, menganalisa belajar elektronika yang kita buat dan lebih-lebihnya lagi software ini dapat digunakan untuk mencetak design pada Printed Circuit Board (PCB). Software tersebut bernama Livewire.

Livewire merupakan software yang dikembangkan (admin tidak tahu nama perusahaan yang mengembangkannya) dan difungsikan untuk mensimulasikan rangkaian elektronika, merancang dan menganalisa rangkaian yang dibuat dengan beragam fitur yang mendekati keadaan real (sebenarnya).

Tampilan awal software livewire untuk belajar elektronika

Tampilan awal software livewire untuk belajar elektronika

 

Penggunaan Livewire untuk memudahkan Belajar Elektronika

Salah satu keunggulan livewire adalah kemampuannya untuk mensimulasikan rangkaian elektronika baik analog maupun digital yang telah kita buat. Dengan livewire kita dapat menganalisa apakah rangkaian yang telah kita buat berjalan dengan baik atau tidak. Ada beberapa fitur yang dapat digunakan pada software livewire dalam menganalisa, ada tool measurement (voltmetter, Ammeter, Osiloscop, dll), ada fitur simulation (simulasi) dan explosions (untuk mengetahui apakah nilai komponen yang kita gunakan menyebabkan kerusakan atau tidak).

Dengan kemampuan dan fitur-fitur yang dimiliki oleh livewire ini memudahkan kita baik engineer, teknisi untuk merancang atau menganalisa electronic circuit (rangkaian elektronika) yang ada sehingga kita dapat mengetahui kehandalan dan fungsi rangkaian tersebut.

Library Livewire juga dilengkapi dengan berbagai macam logic gate (gerbang logika) dan beberapa IC (Integrated Circuit) yang populer sehingga memudahkan kita untuk membuat rancangan rangkaian elektronika dan mensimulasikannya.

Admin belajarlistrik.com sering menggunakan livewire untuk beberapa keperluan:

  1. Merancang rangkaian elektronika
  2. Menganalisa rangkaian elektronika yang telah dibuat
  3. Merancang logic gate (gerbang logika) untuk rangkaian digital
  4. Membuat Printed Circuit Board (PCB).

 

Belajar Elektronika dengan Fitur – Fitur dalam Software Livewire

Ada beberapa fitur penting yang memudahkan kita sebagai engineer ataupun teknisi dalam hal yang berkaitan dengan rangkaian elektronika yaitu:

Simulation (simulasi)

Dengan menggunakan simulasi ini kita dapat menjalankan rangkaian yang kita buat, jika outputnya berupa lampu, maka lampu akan menyala, jika relay, akan energize, dsb. Dengan simulasi ini kita dapat menganalisa apakah rangkaian yang kita buat berfungsi sebagai mana yang kita rancang atau tidak.

Dengan fitur ini kita tidak akan dipusingkan jika nantinya kita merancang sesuatu yang ternyata salah dalam hal perancangan. Untuk menggunakan fitur simulation (simulasi) ini pun mudah, setelah kita menggambar atau merancang rangkaian, kita tinggal klik menu run / play, maka rangkaian akan berjalan.

Tampilan kerja software livewire

Tampilan kerja software livewire

Explosions

Fitur explosions ini akan membantu kita untuk mengetahui apakah nilai tegangan, resistansi/tahanan, kapasitansi dari komponen yang kita pasang tepat atau tidak, jika tidak tepat akan terjadi ledakan pada komponen yang tidak tepat.

Untuk menjalankan fitur ini, kita masuk ke menu Tools -> Simulation ->explosions

Fitur exploision software livewire

Fitur exploision software livewire

Measurement / Pengukuran

Measurement merupakan tools komponen yang disediakan oleh livewire untuk kita mengukur berapa nilai arus, tegangan secara live, kita juga dapat mengukurdan melihat bentuk gelombang dari arus dan tegangan yang ada, dalam fitur measurement ini terdapat osiloskop, ammeter, voltmeter dan berbagai tools pengukuran lainnya.

Fitur simulasi dan pengukuran pada software livewire

Fitur simulasi dan pengukuran pada software livewire

Itu saja penjelasan dari belajarlistrik.com mengenai kegunaan dari software proteus dengan beragam fungsinya yang powerfull. Semoga bermanfaat

#Mariberbagi

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *